Minggu, 08 Oktober 2017

Dasyatnya Madu Murni Sebagai Sumber Energi Dan Nutrisi


Madu yang dihasilkan umumnya mempunyai komposisi utama yang terdiri dari air dan karbohidrat. Kandungan karbohidrat dalam komposisi utamanya umumnya merupakan kombinasi antara fruktosa (38%), glukosa (31%) dan sedikit sukrosa (1%). Dalam 1 sendok teh, kandungan karbohidrat yang dimiliki madu adalah sekitar 17.3 gram dan akan mempunyai kandungan energi sebesar 63 kkal.

Selain kaya akan karbohidrat, madu juga memiliki kandungan lainnya yang terdiri dari mineral yaitu besi (Fe), magnesium (Mg), mangan (Mn), kalium (K), natrium (Na), seng (Zn), tembaga (Cu) dan selenium (Se). Selain itu madu juga memiliki kandungan lain yaitu Vitamin B2 (riboflavin), B3 (niasin), B6, C, asam pantotenat dan juga protein, secara rinci Komposisi Madu Asli Murni Alami dapat Anda baca di sini.

Manfaat madu murni sebagai sumber energi dan peningkat stamina sudah dikenal sejak zaman dahulu. Atlet-atlet yunani kuno disebutkan sudah mengkonsumsi madu pada saat sebelum bertanding dan setelah selesainya pertandingan. Kandungan madu murni yang terdiri dari kombinasi karbohidrat yang juga dilengkapi juga dengan sedikit kandungan mineral dan vitamin membuat madu murni dapat berfungsi sebagai sumber nutrisi yang mampu untuk memberi peningkatkan terhadap performa olahraga.

Selain itu, dengan nilai ketetapan Glycemic Index (GI) yang relatif rendah yaitu 55, konsumsi madu pada beberapa saat sebelum latihan/pertandigan juga dapat menjadi alternatf pilihan sumber karbohidrat yang baik bagi atlet . Karbohidrat dengan nilai GI yang rendah akan dicerna secara lambat sehingga dapat berada di dalam usus kecil dengan waktu yang lebih lama. Manfaat dari proses ini adalah pelepasan glukosa secara perlahan selama berlangsungnya kegiatan olahraga.

Konsumsi madu murni dalam peningkatkan performa olahraga disebutkan mempunyai keefektifan yang sama dengan mengkonsumsi karbohidrat glukosa (dekstrosa). Pada studi yang mensimulasikan 64 km balap sepeda time trial, subjek yang diberikan konsumsi 250 ml air putih yang ditambahkan dengan 15 gr madu atau 15 gr glukosa (dekstrosa) tiap 16 km mampu untuk menyelesaikan tahap simulasi dengan waktu yang lebih cepat jika konsumsi tidak mengandung madu/glukosa (larutan madu = 128 menit, 42 detik, larutan glukosa = 128 menit, 18 detik dan larutan pembanding = 131 menit, 18 detik).

Pada perkembangan lainnya dalam bidang nutrisi, madu murni juga menjadi komponen utama dalam membantu untuk menurunkan berat badan. Melalui suatu metoda diet yang dikenal sebagai hibernation diet, konsumsi madu murni sebelum tidur dapat membantu untuk menurunkan berat badan melalui pemecahan lemak yang terjadi saat sedang tidur. Saat sedang tidur, karbohidrat terutama fruktosa yang terkandung di dalam madu dapat membantu untuk menjaga simpanan glikogen hati yang kemudian juga akan berfungsi dalam membantu menjaga level glukosa di dalam darah. Pada kondisi ini, otak yang tetap mendapatkan energi dari glukosa darah akan mengeluarkan growth hormone yang kemudian akan mendorong terjadinya proses lipolisis (pemecahan simpanan lemak).

Jus Lemon Dan Madu Murni Juga Sebagai, Minuman Nikmat Pembangkit Energi

Kombinasi antara perasan lemon dan madu menjadikan minuman luar biasa yang berkhasiat. Apalagi jika diminum secara teratur. Pasalnya, minuman sehat ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Apa saja? Berikut adalah manfaat dari minum lemon campur madu, seperti dilansir Boldsky.

(1). Menurunkan berat badan

Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu pada segelas minuman lemon hangat. Selain membantu membakar kalori, minuman ini mengandung banyak asam sitrat dan antioksidan. Anda dapat meminumnya sesaat sebelum makan atau setelah makan.

(2).Menyembuhkan gangguan pencernaan

Kombinasi antara, air hangat, perasan lemon, dan madu, menjadikan sebuah minuman super sehat. Ini dapat membantu membersihkan racun dan membuat kulit tampak bersinar.

(3).Mencegah batu ginjal

Sering menahan kencing, minum sedikit air, dan konsumsi kalsium yang berlebihan dapat memicu penyakit batu ginjal. Ingin terhindari dari batu ginjal? Kombinasi jus lemon dan madu adalah jawaranya. Ini bisa menghilangkan kelebihan kalsium dari dalam darah dan tubuh.

(4).Mengobati sakit tenggorokan

Tenggorakan terasa sangat gatal ketika sedang batuk. Tambahkan beberapa tetes madu ke dalam segelas jus lemon untuk meredakannya. Madu memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan masalah tenggorokan. Air hangat juga membantu membersihkan tenggorokan dan membuka kelenjar mukus.

(5).Mencegah kanker usus besar

Madu memiliki banyak antioksidan yang dapat melawan pembentukan tumor. Minuman sehat ini bisa melawan risiko timbulnya kanker usus.

Itulah khasiat dari minuman sehat hasil kombinasi dari air hangat, perasan lemon, dan madu murni untuk pembangkit energi. Apakah Anda sering membuatnya di rumah?

Baca juga klik ▶ Madu Murni Menyehatkan Bagi Tubuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar